Halaman

Januari 20, 2011

Apa Arti Penting Promosi

banyak perusahaan-perusahaan besar yg
mengalokasikan budget pengeluaran terbesar di bidang promosi. Menurut
berbagai sumber, sekitar 60% lebih pengeluaran perusahaan dialokasikan
untuk kegiatan promosi.
Coba anda perhatikan perusahaan minuman suplemen seperti 'ekstra joss',
'krating daeng', 'hemaviton', dan lain sebagainya. Atau perusahaan rokok
seperti 'Djarum', 'Gudang Garam', 'A Mild', dan lain-lain. Mereka
mengeluarkan ratusan juta rupiah untuk menarik pehatian pemirsa melalui
iklan-iklannya. Bahkan ada yg berani mengeluarkan hadiah 1 Milyar Rupiah
untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Atau Coba lihat Perusahaan Perbankan seperti BCA, Mandiri, Bukopin, dan
lain-lain yg mulai marak belakangan di media televisi. 'Brand' perusahaan
mereka sebenarnya sudah dikenal masyarakat luas. Namun mereka tetap
menyelenggarakan acara 'gebyar' atau sejenisnya untuk meningkatkan
'atensi' mayarakat.
Sekali tampil di media TV mungkin bisa mengeluarkan anggran ratusan atau
milyaran rupiah. BCA sebagai icon ide promosi 'gebyar' ini bahkan
menyelenggarkan acara serupa seminggu sekali. Dan anda bisa lihat
hasilnya. BCA merupakan Bank terbesar dan terkenal di mata masyarakat
Indonesia. Makanya banyak bank lain yg mengikuti trend promosi live yg
diselenggarakan BCA.
Perusahaan yg tidak melakukan promosi sudah bisa dipastikan akan 'redup'
perkembangan bisnisnya.
Begitu juga di dunia online. Anda yg ingin memajukan bisnis online harus
memperlakukan bisnis anda layaknya di dunia offline. Pembeli itu memang
benar adanya, dan bukan makhluk 'gentayangan' karena tidak terlihat
berhadapan langsung.
Pembeli perlu 'ditarik' atau perlu 'dirayu' agar mau melihat-lihat produk yg
anda tawarkan. Dari proses melihat, mereka akan mengenal produk anda.
Dan dari proses mengenal, mereka akan membeli produk anda.
Bukan kah ada pepatah yg mengatakan ; "tak kenal maka tak sayang?". Ini
bisa diasosiasikan dengan bisnis online anda ; "tak kenal maka tak ada
penjualan?"
Meski anggaran promosi online tidak sebesar anggaran promosi offline,
namun anda harus tetap berpandangan bahwa produk anda atau produk
affiliate anda perlu media promosi agar dikenal orang.
Jantungnya Bisnis adalah Promosi baik Online / offline.

1 komentar:

silahkan memberikan komentar pada blog ini